SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang datang di Masjid Ramadhan Griyashanta Malang, Masjid Kembar Kota Malang.
WAKTU :

Memasuki Tahap Akhir, Tim Pembangunan merilis Gambar Perspektif Renovasi Sisi Depan Gedung Utama Masjid Ramadhan Griyashanta Tahun 2024

Terbit 9 Februari 2024 | Oleh : admin | Kategori : Berita / Info / Kegiatan
Memasuki Tahap Akhir, Tim Pembangunan merilis Gambar Perspektif Renovasi Sisi Depan Gedung Utama Masjid Ramadhan Griyashanta Tahun 2024

Motivasi Membangun Masjid

Masjid adalah rumah Allah, tempat ibadah umat muslim. Dengan adanya masjid, umat Islam bisa berkumpul untuk melaksanakan sholat berjamaah. Masjid juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan sosial dalam ajaran Islam. Masjid juga menjadi tempat untuk menyebarkan syiar agama Islam. Semakin besar dan megah masjid maka semakin banyak jamaah yang bisa beribadah. Pendek kata, masjid merupakan pusat peribadatan, peradaban, dan perekonomian umat. Begitu luas dan esensialnya fungsi masjid bagi kaum muslimin sehingga tidak mengherankan jika membangun masjid merupakan bentuk ibadah mulia di sisi Allah SWT.

Melalui banyak kajian, membaca Al Qur’an, Hadist dan buku-buku karya para ulama tentang membangun masjid tentu sudah bisa dipahami dengan gamblang faedah dan keutamaan membangun masjid.
مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
Artinya: Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan (Q.S. Al Baqarah : 45)
Ayat tersebut menggambarkan bahwa berniaga dengan Allah SWT dengan menafkahkan harta benda di jalan Allah salah satunya melalui infaq/ shadaqah membangun masjid akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Tentunya hal ini harus diiringi dengan niat yang tulus semata-mata hanya mengharapkan kebaikan dari Allah SWT. Membangun masjid tentu membutuhkan biaya besar. Namun hal ini sebanding dengan pahala yang dijanjikan Allah SWT tersebut.

Keutamaan Membangun Masjid

  1. Dibangunkan rumah megah di surga

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah).

2. Masuk dalam golongan orang beriman

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَٰجِدَ ٱللَّهِ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا ٱللَّهَ ۖ فَعَسَىٰٓ أُو۟لَٰٓئِكَ أَن يَكُونُوا۟ مِنَ ٱلْمُهْتَدِينَ

Artinya: Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S. At Taubah: 18)Pahala yang terus mengalir
Pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya–beliau menyebutkan di antaranya, (yakni) mushaf yang ia tinggalkan, masjid yang ia bangun, rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya di kala sehat dan hidupnya, maka ia akan menghampirinya sepeninggalnya.” (HR. Ibnu Majah).

3. Mendapat naungan di akhirat
Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara-perkara di antara manusia.” (Al-Musnad).

Cukuplah kiranya ayat Al Qur’an dan haidts di atas menjelaskan bahwa begitu istimewanya ibadah membangun masjid dan tentu sekaligus memakmurkannya. Jadi, besarnya biaya yang digunakan untuk membangun masjid ikhlas karena Allah tentu tidak akan sebanding dengan manfaat dan pahala yang Allah sediakkan kelak.

Perjalanan Kegiatan Pembangunan Masjid Ramadhan Griyashanta Malang

Diceritakan bahwa, menyambut datangnya bulan Ramadhan 1409 yang bertepatan pada tanggal 7 April 1989 warga muslim Griyashanta saat itu menyewa terop untuk melaksanakan shalat tarawih di play ground yang saat ini menjadi halaman balai RT 3 RW 12. Niat awal shalat berjama’ah di bulan Ramadhan sehingga timbul keinginan bersama untuk memiliki masjid  inilah yang kelak diabadikan sebagai nama Masjid Ramadhan Griyashanta. Singkat cerita terbentuklah Yayasan Masjid Ramadhan dan mengajukan ke pihak pengembang Waskita Karya berupa tanah fasiltas umum untuk masjid dan mendapat lokasi di tempat berdiri masjid Ramadhan saat ini. Yayasan Masjid Ramadhan membentuk Panitia Pembangunan Masjid Ramadhan Griyashanta mendapat ijin resmi dari Pemerintah kota Malang  pada tanggal 17 November 1990 dengan walikota ke-14 (1983-1993) pada saat itu Bapak H.M. Soesamto.

Singkat cerita, terwujudlah gedung Masjid Ramadhan beratap rumbia yang disangga oleh pilar-pilar tepi tanpa tembok, berlantai plesteran kasar dan halaman berupa tanah yang diratakan dan masih ditumbuhi rumput liar. Dikisahkan, atap rumbia ini tidak bertahan lama karena saat musim penghujan atap bocor sehingga panitia pembangunan saat itu mempercepat langkah sehingga atap tertutup dengan genting. Ruang masjid awalnya didesain loss tanpa tiang namun dalam perjalanannya timbul tanda-tanda keretakan rangka atap sehingga dibangunlah 4 pilar penyangga dengan rangka besi dan ditutup material triplek finishing plitur kayu jati.

Perkembangan pembangunan Masjid Masjid Ramadhan Griyashanta beserta fasilitasnya secara ringkas kurang lebih adalah sebagai berikut.

  1. Masjid Ramadhan awal beratap rumbia (1990)
  2. Masjid Ramadhan hasil pembangunan pertama (1991)
  3. Membangun 1 unit rumah dinas dan 1 unit kamar mandi, saat ini dihuni oleh marbot dan keluarganya (1998)
  4. Membangun lagi 1 unit rumah dinas dan 1 unit kamar mandi, saat ini dihuni oleh marbot dan keluarganya (2001)
  5. Membangun gedung TPQ lantai 1 dan 2 (2002)
  6. Rehab dinding liwan & mihrab dengan pemasangan granito (Desember 2003 s/d April 2004)
  7. Membangun 7 unit bedak toko (Mei 2004 s/d April 2005)
  8. Membangun pondasi dan lantai basement dengan pasangan (patla) batu merah (Oktober 2005 s/d Januari 2006)
  9. Membangun 2 unit gudang, saat ini selatan gudang pertukangan (bangunan), utara gudang rukem (Februari s/d Maret 2006)
  10. Membangun gedung kamar mandi & toilet (lantai 1), tempat wudhu pria saat ini diubah fungsinya untuk ruang mengaji (lantai 2), dan ruang kelas TPQ saat ini sebagian menjadi gudang dan sebagian menjadi kamar tinggal Imam masjid Ramadhan (penggalian pondasi 1 Juli 2008 s/d selesai finishing 24 Januari 2009)
  11. Membangun gedung pengembangan masjid Ramadhan, pembenahan tempat parkir dan halaman dengan membongkar dan membersihkan 5 unit toko,  lanjut pembangunan papan nama, berem, got, (Maret 2013 s/d Mei 2018).
  12. Membongkar gedung lama Masjid Ramadhan lanjut renovasinya (Juni 2018 s/d sekarang).

Memasuki tahun 2023, program kegiatan pembangunan yang direncanakan adalah melanjutkan kegiatan pembangunan renovasi gedung utama Masjid Ramadhan Griyashanta dengan agenda program yang terlaksana sebagai berikut.

  1. Finishing-pengecatan plafon tambahan selasar sisi selatan lt 1 gedung Masjid Ramadhan beserta interiornya untuk layanan perpustakaan, ruang mengaji, ruang koneksi wudhu wanita, dan layanan mukena (tuntas 100%)
  2. Pengecoran, pembersihan, dan merapikan dengan plesteran-acian talang dan atap penghubung gedung renovasi Masjid Ramadhan dan gedung pengembangan (tuntas 100%)
  3. Menyelesaikan pengecatan umpak, pilar, balok, dan ornament renovasi gedung  Masjid Ramadhan lantai 1 (tuntas 100%)
  4. Merencanakan, mengadakan, memasang relief  kaligrafi Asma’ul Husna di space dinding ruang utama Masjid Ramadhan oleh ahli seni kaligrafi Bapak Zamrani Aklam  dari Pakis Kabupaten Malang (tuntas 100%)
  5. Merencanakan dan melaksanakan pembuatan atap serambi sisi selatan lt 2 gedung renovasi Masjid Ramadhan lanjut pemasangan dinding dan 7 unit cendela kaca serta merapikan dg acian (tuntas 90%)

Memasuki tahun 2024, program kegiatan pembangunan yang direncanakan tim Pembangunan adalah melanjutkan kegiatan pembangunan renovasi gedung utama Masjid Ramadhan Griyashanta yang hampir memasuki tahap akhir:

  1. Menuntaskan pembangunan atap, pilar dan dinding atap serambi sisi selatan lt 2 (membersihkan dan merapikan dengan acian).
  2. Menuntaskan paket pembangunan sisi depan Masjid Ramadhan yang terdiri dari pemasangan dinding relung dan krawangan, pemasangan pagar lt 2, membersihkan dan merapikan ruang-ruang dengan acian seperlunya dan pengecatannya.
  3. Penutupan lantai 2 gedung utama Masjid Ramadhan dengan material keramik.

Gambar-gambar perspektif di atas adalah revisi gambar sebagai hasil kesepakatan muswawarah Ta’mir Masjid Ramadhan yang dihadiri oleh unsur Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan berserta Jama’ah Masjid Ramadhan pada tanggal 13 Januari 2024 dan 2 Februari 2024.

Assalamualaikum warohmatulloh. Yth Bpk/Ibu jamaah Masjid Ramadhan, kami sampaikan gambar revisi bagian depan masjid selatan, berdasarkan persetujuan dan masukan-masukan rapat lengkap (3 organ yayasan) dan jamaah sepekan yang lalu, saat ini sedang kami hitung RABnya, matur nuwun“, Bpk. H. Fauzan selaku Ketua II Pengurus Yayasan mengumumkan hasil revisi gambar di WAG Pengurus YMRG, WAG Keluarga Besar Masjid Ramadhan Griyashanta dan WAG Griyashanta RW XII-Mlg.

Waalaikumsalam wr wb alhamdulillah mantab.. budal.. tinggal urunan dan penggalangan dana untuk eksekusi usulan .. sesuai RAB, Maturnuwun pak H. Fauzan.. sehat semangat Allah berkahi“, Ust. Heri Pratikto, Anggota Pembina Yayasan di WAG Keluarga Besar Masjid Ramadhan Griyashanta menimpali. “Alhamdulillah, mtr suwun dukungannya Prof.
Segera kami eksekusi laksanakan, semoga membawa kebaikan dan keberkahan, aamiin
“. Bpk H. Fauzan menaggapi balik.

Sae, mugi-mugi lancar pembangunannya dan berkah serta makmur masjid MRG. Aamiin YRA. Bagaimana jika RAB dibuat mudah dibaca dan dikirimkan ke anak-anak Bapak dan Ibu RW 12 yang berdomisili diluar Griyashanta Malang. Semoga ada tambahan sumber dana dan partisipasi dari anak-anak kita yang kecilnya ikut sholat di MRG“, Tanggapan Bapak H. Fatchurrahman di WAG Griyashanta RW XII-Mlg, yang bersangkutan adalah Sekretaris Pengawas YMRG. “Nggih Pak Fatchur, matur nuwun masukannya” Tanggapan balik Bpk H. Fauzan.

Tentu Ta’mir Masjid Ramadhan dengan terbuka dan mengharap ridha Allah SWT menerima sumbangan, infaq, shadaqah dari segenap umat Islam di manapun berada untuk pembangunan Masjid Ramadhan Griyashanta Malang. Semoga barakah manfaat, aamiin. (suk/ admin).

Transfer Donasi Pembangunan: Rekeking BSI: 3232 3131 36 a.n. Yayasan Masjid Ramadhan Griyashanta.

Sumber data:

  1. Tim Pembangunan MRG 2024, tanggal 9 Februari 2024
  2. Lampiran 2.a1. Laporan Pelaksanaan Pembangunan Masjid Ramadhan 2023 dalam Laporan Tahunan Yayasan Masjid Ramadhan Griyashanta Tahun 2023, tanggal 31 Januari 2024.

Konsultasi naskah: Tim YMRG Mlng

Kunjungi juga syi’ar kami:

Facebook https://www.facebook.com/takmirmasjid.ramadhan 

Instagram https://www.instagram.com/masjid_ramadhan , https://www.instagram.com/tpq__ramadhan

Youtube https://youtube.com/@masjidramadhantv

Tiktok https://www.tiktok.com/@masjid_ramadhan

SebelumnyaMenyambut Tahun 2024 Ta'mir Masjid Ramadhan Griyashanta Mengundang Ulama/ Mubaligh Kenamaan di Kota Malang untuk Mengisi Mimbar Jum'at SesudahnyaYMRG membuka Donasi Jariyah, Infaq-Wakaf Tunai untuk Pembangunan Masjid Ramadhan Griyashanta Malang Tahun 2024

Berita Lainnya

0 Komentar