SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang datang di Masjid Ramadhan Griyashanta Malang, Masjid Kembar Kota Malang.
WAKTU :

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah” (Q.S. Al Kautsar: 2)

Terbit 15 Mei 2024 | Oleh : admin | Kategori : Berita / Info / Kegiatan
“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah” (Q.S. Al Kautsar: 2)

Pada Jum’at (3 Mei 2024) dimulai pukul 19.15 s/d 21.00 WIB, para Pengurus, Pembina dan Pengawas Yayasan Masjid Ramadhan Griyashanta bersama Jama’ah Masjid Ramadhan Griyashanta yang selama bulan Ramadhan sampai 1 Syawal 1445 H telah bertugas sebagai panitia. Agenda pokok musyawarah : 1) Laporan dan Evaluasi Kegiatan Ramadhan, ZIS dan Idul Fitri 1445 H dan 2) Persiapan menyambut hari raya Idul Adha 1445 H.

Suasana Musyawarah Pengurus, Pembina, dan Pengawas Yayasan bersama Jama’ah Masjid Ramadhan pada Jum’at, 3 Mei 2024 (foto : dokumentasi)

Agenda musyawarah berjalan lancar, agenda pertama, laporan kegiatan Ramadhan, ZIS dan Idul Fitri 1445 H beserta evaluasinya diterima dengan baik oleh pihak Yayasan. Sedangkan agenda kedua, persiapan kegiatan Idul Adha 1445 H yayasan telah menyepakati Bapak H. Triyono dipilih kembali sebagai Ketua Panitia Idul Adha 1445 H dengan 2 agenda pokok, yaitu: pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penerimaan – penyaluran hewan qurban tahun 1445 H.

Menindaklanjuti hasil rapat tersebut, ketua panitia terpilih membentuk tim kecil untuk menyiapkan dan melaksanakan beberapa agenda pendahuluan, penetapan khatib Idul Adha, survey harga hewan qurban, berkoordinasi sedemikian rupa sehingga terbit Surat Edaran Kegiatan Idul Adha 1445 H yang siap diedarkan kepada segenap jama’ah Masjid Ramadhan, warga muslim griyashanta, candi panggung dan sekitarnya. Melalui edaran tersebut, panitia mengumumkan informasi kegiatan Idul Adha 1445 H di Masjid Ramadhan Griyashanta agar hadir dan berkontribusi.

SHALAT IDUL ADHA

Khatib Shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H adalah Ust. Ir. H. Andri Kurniawan, M.Ag. bertempat di Lapangan RT 5 Griyashanta Blok C pukul 06.00 WIB sampai selesai.

PENERIMAAN DAN PENYALURAN HEWAN QURBAN

Berapa Yang Harus Dibayar ?

  1. Qurban Sapi Kolektif, Iuran per orang Rp. 4.000.000,- sudah termasuk ongkos boleng dan operasional. Para pequrban sapi kolektif masih bisa berkoordinasi dengan sesama anggota kelompok untuk bersepakat agar menambah jumlah iuran sehingga bisa memperoleh sapi yang lebih besar dan ataupun sebaliknya, dan tentunya wajib berkomunikasi dengan tim pembelian hewan qurban. Sapi yang telah deal dipesan/ diDP oleh tim ke pihak penjual tentu tidak bisa dibatalkan.
  2. Pequrban  sapi non kolektif/ keluarga, dapat membeli sendiri atau berkoordinasi dengan panitia untuk bersama-sama membeli hewan qurban (biaya boleng dan operasional per ekor Rp. 1.000.000,-)
  3. Pengqurban kambing dapat membeli sendiri (biaya boleng per ekor Rp. 100.000,-)

Bagaimana Cara Daftarnya ?

  1. Bisa mendaftar langsung di papan pengumuman Masjid Ramadhan yang sudah disediakkan.
  2. Bisa melalui koordinator: Bpk. H. Ridwan (RT 1), Bpk. H. Aries Yakut (RT 2), Bpk. H. Nurhudan (RT 3), Bpk. H. Hadi Sampurno (RT 4), Bpk. H. Yayak Darlianto (RT 5), Bpk. H. Pri Ganefo Budiarto (RT 6),  Bpk.  H. Tukadji (RT 7) dan Bpk Supriyanto (CP, CPP, CPI, PTP & lainnya).
  3. Bisa Chat WA ke asisten sekretaris: Sukirno (0813-3451-2334) atau Jhon Indra (0878-5132-2967)
  4. Pendaftar akan memperoleh/ dikirim formulir pendaftaran akad Qurban.

Bagaimana Cara Membayarnya?

  1. Dianjurkan dengan transfer ke Rekening Bank Mandiri No. 1440025345825 a.n. Triyono (Ketua Panitia. Kirim Bukti Transfer ke Bendahara Panitia Bpk Supriyanto (+62 813-3431-7000).
  2. Bisa dengan tunai melalui koordinator atau langsung ke Loket Panitia setiap Ba’da shalat berjama’ah.
  3. Menyerahkan formulir pendaftaran akad Qurban yang sudah diisi lengkap dan ditandatangani.

Kapan Hewan Qurban dikirim?

  1. Hewan qurban harap diantar paling cepat pada H-1 (jika pembelian lebih awal, harap dititipkan kepada pihak penjual.
  2. Hewan qurban sebaiknya dilengkapi surat keterangan sehat dari pihak terkait/ dokter hewan dan jika didapati hewan mati mendadak, tidak karena disengaja/ kelalaian panitia sebelum disembelih, harap pequrban tidak menuntut apa pun kepada pihak panitia.

Kapan Hewan Qurban disembelih?

  1. Penyembelihan Hewan Qurban: Senin, 17 Juni 2024, para shahihul qurban (pequrban) diharapkan bisa menyaksikan proses penyembelihan hewan qurbannya atau bahkan bisa menyembelih sendiri.
  2. Bagian daging akan dikirim ke alamat pequrban atau diambil sendiri sesuai data yang dituliskan pada formulir pendaftaran.

“Akhir kata, mari kita tunaikan shalat Idul Adha dan qurban semoga Allah berkenan menerimanya.  Aamiin”. Kalimat penutup pada edaran tersebut. Untuk meningkatkan layanan ibadah qurban ini, mohon dukungan untuk qurban tahun depan insyaAllah yayasan akan membuka “Program Tabungan Qurban” dengan harapan agar warga masyarakat semakin mudah melaksanakan ibadah qurban.

(skr).

Sumber data: Panitia Idul Adha Masjid Ramadhan 1445 H

Konsultasi: Tim YMRG Mlng

Kunjungi juga syi’ar kami:

Facebook https://www.facebook.com/takmirmasjid.ramadhan 

Instagram https://www.instagram.com/masjid_ramadhan , https://www.instagram.com/tpq__ramadhan

Youtube https://youtube.com/@masjidramadhantv

Tiktok https://www.tiktok.com/@masjid_ramadhan

SebelumnyaMari Berzakat, Bersihkan Jiwa, Bersihkan Harta Gapai Berkah & Bahagia SesudahnyaPENDAFTARAN QURBAN di MASJID RAMADHAN GRIYASHANTA MALANG

Berita Lainnya

0 Komentar